by http://www.masbugie.com
Read more: Membuat Efek Matrix di Blog | Mas Bugie [dot] com http://www.masbugie.com/2010/08/membuat-efek-matrix-di-blog.html#ixzz1qvTK1uRb

Senin, 27 Februari 2012

Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri.
Waktu-berbagi jadwal tugas sistem operasi untuk penggunaan yang efisien dari sistem dan juga dapat mencakup akuntansi untuk alokasi biaya waktu prosesor, penyimpanan massa, cetak, dan sumber daya lainnya.

Windows Vista adalah sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.
Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada).
Microsoft meluncurkan Windows Vista pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna rumahan. Dengan demikian, peluncuran Windows Vista ini berjarak lebih dari lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada 25 Oktober 2001
Di sini kami menjelaskan secara umum, apa itu Sistem Operasi dan beberapa hal lainnya. Saat ini terdapat berbagai sistem operasi seperti Windows XP, Linux, MacOS, Solaris, dll. Kami akan menjelaskan Vista dengan sistem operasi Windows Vista Home Premium. OS adalah elemen kunci untuk komputer kita karena tanpa itu ia tidak bisa bekerja. Peran utama yang dimainkan oleh sistem operasi apapun untuk mengontrol perangkat komputer, baik perangkat fisik (hardware) yang menyusun komputer kita (layar, keyboard, hard drive, printer, …), perangkat lunak (software) program, sehingga memungkinkan sistem operasi relatif mudah untuk mengelola komputer. Sistem operasi, adalah sebuah program. Sebagai contoh, kita tidak tahu persis mengapa hard drive kita menyelamatkan setiap dokumen yang telah kita buat.
Sistem file mengelola semua hal yang berkaitan dengan penanganan file, misalnya, file internal dapat dibagi menjadi beberapa bagian untuk mengoptimalkan ruang hard disk. Saat ini yang paling banyak digunakan sistem data adalah NTFS pada Windows. Sebelumnya menggunakan FAT, namun terdapat masalah-masalah terutama saat komputer mati secara tidak normal misalnya ketika mati lampu. Sistem operasi harus selalu tetap mengontrol semua program yang berjalan pada komputer sehingga sistem tidak berhenti bekerja, tetapi hal ini tidak selalu baik dan kadang-kadang terjadi di luar kontrol dan sistem menjadi crash, atau apa yang dikenal sebagai “hang” .
Dalam kasus ini, kita harus mencoba untuk mengambil alih kontrol, jadi kita harus secara simultan tekan tombol Ctrl Alt Del (Del), dan sebuah menu di mana Anda dapat memilih Start Task Manager. Dari Task Manager dapat mengakhiri proses yang tidak merespon. Dalam kasus lain, kita bahkan tidak dapat membuka Task Manager, dan tidak ada pilihan selain untuk me-restart komputer dengan menggunakan tombol “reset”. Dalam kasus terakhir kehilangan data/pekerjaan adalah apa yang paling buruk dan kita harus menyadari betapa pentingnya untuk sering menyelamatkan pekerjaan.
Beberapa laptop tidak memiliki tombol reset, mereka bekerja dengan baterai, maka sia-sia melepaskan laptop dari sumber listrik utama untuk memadamkan, solusi biasanya adalah tekan terus tombol on/off untuk 8 atau 10 detik.
Terlepas dari pertimbangan-pertimbangan lain, suatu keharusan untuk memperhitungkan sistem operasi yang sering hang. Sayangnya Windows Vista belum betul-betul memenuhi apa yang kita inginkan. Meskipun selama bertahun-tahun diadakan penelitian, namun kenyataannya bahwa kita sekarang masih sering melihat “layar biru” walaupun dalam versi lain dari Windows Vista telah sangat membaik.
Ketika start awal, sistem operasi berbagi komputer akan bekerja dengan baik, tapi seiring berjalannya waktu diinstal dan uninstall perangkat lunak dan perangkat sistem yang rusak, semua itu mepengaruhi kinerja sistem operasi. Jika situasi memburuk(paling buruk) meka kita harus memperbaiki atau menginstal ulang sistem operasi. Instalasi Sistem Operasi ini melelahkan dan kadang-kadang “menyakitkan”.
Untuk menghindari hal tersebut diatas maka sistem operasi harus ditangani dengan hati-hati. Salah satu hal yang tidak begitu baik pada sistem operasi seperti Windows adalah terlalu sering instalasi dan uninstall program. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk menginstal sebuah program hanya untuk melihat-lihat dan kemudian uninstall setelah lima menit. Lebih membaca dokumentasi dari program dan kemudian memutuskan apakah kita ingin menginstal atau tidak.
Perlu diketahui bahwa setiap kali Anda menginstal /uninstall program informasi dicatat dalam registri Windows yang kemudian tinggal di sana. Meskipun ada program untuk membersihkan registri, tetapi nyatanya program tersebut ada yang malah merusak registry dan lagipula mengutak-atik registry memerlukan beberapa pengetahuan tambahan. Jadi gunakanlan sistem operasi komputer Anda dengan hati-hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar